Software

|


SOFTWARE
Software adalah kumpulan dari sebuah atau lebih instruksi, struktur data, dan dokumen;
1.      Instruksi : Atau program komputer yang ketika dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yang diinginkan.
2.      Struktur data : Yang memungkinkan program memanipulasi informasi
3.      Dokumen : Yang menggambarkan operasi dan penggunaan program.


Perkembangan Software
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak (software).
Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik dan logika. Dan operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
Tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data/fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge yang digabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.
Data yang diproses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).


Sifat dan Karakteristik Software
1.      Software merupakan elemen sistem logik dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware
2.      Elemen itu tidak aus, tetapi bisa rusak.
3.      Elemen software itu direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware
4.      Software itu tidak bisa dirakit.


Perangkat keras (hardware) komputer tidak akan dapat berbuat-apa tanpa adanya perangkat lunak, teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila intruksi-intruksi tertentu telah diberikan kepadanya, intruksi-intruksi tersebut dinamakan dengan perangkat lunak (software). Intruksi-intruksi perangkat lunak ditulis manusia untuk mengaktifkan fungsinya dari perangkat keras computer.


Sejarah perkembangan software
·        1956:Jhon bachus dan tim ibm nya menciptakan fortran dengan bahasa pemprograman tingkat tinggi.
·        1960:LISP meluncurkan model bahasa komputer untuk menulis program tiruan.
·        1965:orientasi bahasa benda dengan perakitan tambahan dengan simula,ditulis oleh kristen nygaard dan ole john dahl.
·        1969:bill gates&paul allen menyebutnya dengan “lake side programming group”menyetujui komputer dengan badan hukum pusat untuk mematenkan pdp-iq software.
·        1975:paul allen di dalam suratnya,bill gates menggunakan nama”micro-soft”menyerahkan kepada rekan kerja nya.untuk cepat2 menuliskan tentang referensi nya.
·        1976:untuk pertamakali nya microsoft di kembangkan,mereka menyebutnya dengan”the legend of micro-kid”.
·        1977:pemerintahan U.S mengadopsi data standar IBM,untuk membuka kode kunci pesan&untuk melindungi rahasia agensi mereka.
·        1978:microsoft mengumumkan produk ketiganya,MICROSOTF COBOL-80 dijual seharga 1 juta dolar U.S.
·        1979:micosoft mengumumkan,MICROSOFT BASIC untuk 8086 16 bit micropocessors.
·        1981:IBM memperkenalkan personal computer dengan penggunaan Microsoft 19 bit operting system,MS DOS 1.0,plus Microsoft BASIC,COBOL,PASCAL,dan produk Microsoft lainnya.
·        1983:Microsoft memperkenalkan word processing program,Microsoft word for MS DOS 1.00 .
·        1989:maxis memproduksi video game ,dengan kelas baru untuk pendidikan dan hiburan.
·        1995:windows 95 ships.
·        1997:deep blue defeats world chess champion.
·        1998:windows


System Perangkat Lunak
Perangkat keras computer tidak dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak.teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya.intruksi2 tersebut disebut dengan perangkat lunak(software).intruksi2 perangkat lunak di tulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras computer.
Perangkat keras computer mempunyai beberapa kegunaan yang sudah di bentuk & di pasang di dalamnya untuk dapat menanggapi instruksi2 yang diberikan.kalau seseorang harus menyusun perangkat lunak yang langsung berhubungan dengan perangkat keras terlebih dahulu,akan sangat sulit karena harus di ketahui secara persis cara kerja perangkat keras yang bersangkutan.kesulitan akan semakin bertambah karena peralatan yang berbeda mempunyai karakteristik dan cara operasi yang berbeda pula sehingga memerlukan perangkat lunak yang juga berbeda .
Untuk mengatasi hal ini,maka di buatlah suatu perangkat lunak yang di sebut dengan system operasi(operating system/OS)


Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak secara umum dapat dibagi menjadi 2 yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak system dapat dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
1.      Bahasa pemprograman:merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur&algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan computer,contoh bahasa pemprograman:BASIC,COBOL,pascal,C++,FORTRAN.
2.      System operasi:saat computer pertama kali dihidupkan ,system operasilah yang pertama kali dijalankan,sistim operasi yang mengatur seluruh proses,menterjemahkan masukan,mengatur proses internal,memanajemen penggunaan memory dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian,contoh system operasi : DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system.
3.      Utility:system operasi merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu,misalnya pemerikasaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,defrag), contoh utility adalah Norton utility


System operasi
System operasi merupakan system perangkat lunak yang sudah ditulis oleh pabrik yang berfungsi sebagai antarmuka(interface)antara perangkat keras dan instruksi yang ditulis oleh pemakai(user).sistem operasi akan mengatur semua system operasi dari perangkat keras computer .sebagai contoh pemakai computer hanya menuliskan perintah DIR untuk menampilkan isi direktori ke layar tanpa harus mengetahui bagaimana perangkat keras tersebut melakukannya,karena tugas tersebut dilakukan oleh system operasi.
System operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan.jenis prosesor pada PC yang umum adalah kompatibel dengan produk awal IBM dan Manchitos.PC Manchitos perangkat lunaknya dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat clonnig IBM PC.sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan bersifat freware ,yang dikembangkan oleh peneliti seluruh dunia karena bersifat open source yaitu bahan baku pembuatnyadapat dibaca,sehingga hasilnya dapat ditambah atau di modifikasi setiap orang.
Sementara interaksi antara pengguna dan computer di kenal melalui 2 cara,cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah atau dengan cara tunjuk(pointer) dengan tampilan grafis.
Interpreter menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe.contoh untuk ini adalah:basic versi baku,dbase,dan sebagainya.
Perangkat lunak bahasa merupakan program khusus yang sudah dibuat oleh pabrik computer atau perusahaan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan program aplikasi.program ini berfungsi sebgagai penterjemah program yang ditulis dengan bahasa pemprograman computer menjadi bahasa mesin yang dapat di mengerti oleh computer .bila perangkat lunak bahasa ini tidak tersedia,maka pembuat program harus menuliskan programnya langsung dalam bahasa mesin yang berbentuk bilangan biner,dan hal ini sangat sulit dan rumit.
Perangkat lunak bahasa dapat dikategorikan menjadi:
1.      Assembler(perakit) : merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan(assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin.
Dengan bahasa simbolik, masing2 kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic.program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber(source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program objek(object program=OBJ).proses pembuatan program obyek dari program sumber juga akan menapilkan daftar keslahan2 sintaks(jika ada)yang dibuat oleh pemprogram.kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.
Walau penulisan program dengan bahasa simbolik lebih mudah dibanding dengan bahasa mesin,tetapi harus dirasakan kesulitan karena penulis program harus:
• Mengetahui susunan serta fungsi dari masing2 register di dalam cpu.
• Mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang di gunakan.
• Mengetahui fungsi2 yang di sediakan oleh OS.
Untuk mengatasi hal ini telah dikembangkan suatu bahasa yang lebih dekat dengan pemakai komputer yang di sebut bahasa tingkat tinggi (high level language), misalnya basic, fortran, pascal c, dsb.
Program yang di tulis dengan bahasa tingkat tinggi ini harus di terjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat di mengerti oleh komputer.penerjemah ini dapat berupa kompilator atau interpreter.kompilator menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal,c,dan masih banyak lagi.sedangkan interpreter menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe.contoh untuk ini adalah:basic versi baku,dbase,dan sebagainya.
2.      Compiler: menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal, c, dan masih banyak lagi.
3.      Interpreter: menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe. contoh untuk ini adalah:basic versi baku, dbase, dan sebagainya.


Perangkat lunak aplikasi
Sistem operasi dengan perangkat lunak bahasa tidak di tunjukkan untuk menyelesaikan permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer.program yang ditunjukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu di sebut program aplikasi atau program paket.ada dua cara untuk bisa mendapatkan program aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan mengembangkan sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah)
Saat ini banyak sekali program2 aplikasi yang tersedia di pasaran.program2 ini dapat diandalkan,dapat memenuhi kebutuhan pemakai dirancang dengan baik,relatif bebas dari kesalahan,mudah digunakan(user friendly),mempunyai dokumen yang memadai dan didukung oleh purna jual yang baik.program2 paket ini di gunakan untuk menyelesaikan masalah2 umum seperti membuat dokumen(word star,microsoft word), membuat slide presentasi (ms power point), penerbitan (adobe page maker), mengelola gambar (adobe photoshop) dsb. akan tetapi bila kita mempunyai permasalahan yang sifatnya khusus da unik sehingga tidak ada paket2 program yang sesuai untuk digunakan, maka dengan terpaksa harus dikembangkan program aplikasi sendiri, misalnya program sistem sks universitas andalas, program sistem keuangan perusahaan,dll.




Comments
1 Comments

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Making Money - Work/Tennis: The Ultimate Guide
The way you would expect from betting on the tennis matches of หาเงินออนไลน์ tennis is to 바카라 사이트 bet worrione.com on the player you like 바카라 사이트 most. But you also https://octcasino.com/ need a different

Posting Komentar

Isi Komentarnya disini ya...

>